Langkah mendaftar dan biaya pendaftaran merek lewat cara online di Kemenkumham

JKI Kemenkumham sediakan servis registrasi merek dan biaya pendaftaran merek secara gampang. Tak perlu kemana saja, registrasi merek bisa dilaksanakan lewat cara online.

Apa lagi sekarang hadapi keadaan wabah virus corona, membuat Anda harus berjaga jarak sama orang lain. Tidak boleh tunda untuk mendaftar merek dagang Anda.

Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI lewat Instagram menerangkan, registrasi merek dan biaya pendaftaran merek bisa dilaksanakan lewat situs merek.dgip.go.id

Langkah daftar merek dagang dan biaya pendaftaran merek lewat cara online
Nah, berikut tingkatan mendaftar merek dagang lewat cara online di DJKI Kemenkumham:
Register account di website merek.dgip.go.id
Nantikan e-mail balasan untuk aktivasi account
Masukan username dan sandi, tentukan permintaan online
Click lebih untuk bikin permintaan registrasi baru
Pesan Code billing dengan isi type, tipe, dan opsi kelas
Membayar seperti bill pada program SIMPAKI
Isi formulir yang ada dengan komplet dan cermat
Upload data yang diperlukan berkaitan registrasi yakni:
Cap merek
Tanda-tangan pemohon
Surat info UMK (bila pemohon adalah usaha mikro/kecil)
Bila semuanya sudah komplet diisi, click usai
Permintaan akan diterima DJKI

Kecuali registrasi merek, situs merek.dgip.go.id memberi servis yang lain. Dimulai dari ekstensi merek sampai mengajukan berkeberatan atas permintaan merek.

Anda dapat mengurusi pendataan pengubahan nama dan atau alamat sekalian pendataan peralihan hak atas merek di sini. Info lebih komplet bisa dibaca di YouTube DJKI Kemenkumham atau Halo DJKI 152.

Saat sebelum mendaftar merek, yakinkan lebih dulu merek Anda berbeda dengan merek yang lain telah tercatat awalnya. Triknya, check lewat pdki-indonesia.dgip.go.id

PDKI ialah Pangkalan Data Kekayaan Cendekiawan. Bila merek yang ingin didaftarkan mempunyai kecocokan sama yang telah tercatat punya faksi lain untuk barang atau layanan semacam, karena itu merek Anda tidak dapat didaftarkan.

SYARAT-SYARAT MENDAFTARKAN MEREK DAGANG
Persyaratan daftar merek dagang sesungguhnya lumayan gampang. Merek dagang yang telah penuhi persyaratan didaftarkan lewat Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan Indonesia atau Dirjen KI. Berikut persyaratan daftar dan biaya pendaftaran merek dagang yang perlu disanggupi:

Formulir registrasi merek dagang. Formulir ini dapat didapat secara daring di halaman
Persyaratan daftar merek dagang setelah itu Kartu jati diri pemohon (e-KTP atau paspor)
Akte pendirian tubuh hukum (khusus yang mempunyai tubuh hukum)
Persyaratan daftar merek dagang yang lain ialah Etiket merek dagang 10 helai
Surat Kuasa bila registrasi dilaksanakan oleh seseorang/firma hukum sebagai persyaratan daftar merek dagang.
Dibutuhkan kecermatan supaya persyaratan daftar merek dagang tidak ketinggal. Ini sebagai mengantisipasi supaya registrasi diterima oleh Dirjen KI.

TIPS-TIPS AGAR MEREK DAGANG DITERIMA
Seperti yang sudah ditata dalam UU no 20 tahun 2016 sesungguhnya merek dagang harus melalui banyak hal supaya bisa dipastikan bisa lolos. Merek dagang yang sudah diterima selanjutnya akan memperoleh pelindungan hukum dari pemerintahan lewat Dirjen KI.

Pelanggaran atas kekayaan cendekiawan terhitung Merek Dagang bisa dipidanakan. Berikut beberapa tips supaya daftar merek dagang disepakati oleh Dirjen Kekayaan Cendekiawan Indonesia:

Tidak Memiliki kandungan Elemen SARA
Indonesia cukup menghargakan kekayaan cendekiawan yang dipunyai oleh penduduknya. Perihal ini pula yang selanjutnya membuat UU no 20 tahun 2016 lahir. Dalam UU ini telah diterangkan sesungguhnya semua elemen merek dagang yang didaftarkan jangan memiliki kandungan elemen SARA.

Misalkan saja bila perorangan akan mendaftar merek dagang krupuknya memakai nama Krupuk ‘Jawa’. Ditegaskan nama itu akan ditampik karena memiliki kandungan nama Suku. Ditakuti akan terjadi pemecahan di tengah-tengah warga karena hanya nama itu.

Bukan Nama yang Telah Jadi Punya Umum
Seperti yang sudah ditata daftar merek dagang harus penuhi elemen nama yang orisinal. Ini bermakna jangan menggunakan nama yang telah wajar dan akrab di tengah-tengah warga.

Misalkan saja bila seorang akan menggunakan nama Melati sebagai nama produk yang dipasarkan. Nama ini terhitung nama yang biasa dijumpai di tengah-tengah warga. Dirjen KI kemungkinan akan menampik mengajukan daftar merek itu.

Orisinal
Orisinal yang diartikan saat lakukan daftar merek dagang ialah tidak berisi beberapa unsur yang lain kemungkinan sudah didaftarkan. Faksi pendaftar harus lakukan cross cek lebih dulu baik di daftar merek dagang, hak paten, hak cipta, atau design industri.

Merek Dagang Tidak Memiliki kandungan Info menyimpang
Indonesia ialah negara yang paling junjung tinggi kejujuran ditengah-tengah penduduknya. Ini juga yang selanjutnya dipungut oleh Undang-Undang Merek Dagang yang diedarkan. Dalam undang-undang itu dikatakan jika merek dagang jangan memiliki kandungan elemen menyimpang.

Ambil contoh sebuah mereka dagang ‘Kulit Putih Instan’ untuk nama merek dagang handbody. Walau sebenarnya produk ini tidak langsung bisa mengakibatkan kulit jadi putih secara instant.