Mendaftar Merek Dengan Jasa Pendaftaran dan Cek Merek

Usaha atau usaha Anda tidak bisa dilepaskan dari Merek atau Trademark yang disebut identitas dari produk atau layanan yang Anda pasarkan. Meski begitu, supaya Merek Anda bisa dilindungi secara hukum di Indonesia, ada hal yang perlu Anda lihat saat sebelum mendaftar Merek.

1. Apa Merek Anda preskriptif?

Agar didaftarkan, Merek sebaiknya memiliki sifat unik. Jika Merek yang dimohonkan registrasinya sama dengan terkait dengan Jasa Pendaftaran dan cek merek atau cuman menyebutkan barang dan/atau layanan yang dimohonkan pendaftarnnya, karena itu benar-benar kemungkinan besar permintaan registrasi Merek Anda akan ditampik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Cendekiawan. Contoh Merek yang memiliki sifat preskriptif ialah “KOPI”, di mana tipe barang yang dlindungi ialah kopi.

2. Merek Anda memiliki sifat menyimpang

Menurut Pasal 20 c Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Tanda-tanda Geografis, satu Merek tidak bisa didaftar jika berisi elemen yang bisa menyimpang warga mengenai asal, kualitas, tipe, ukuran, jenis, arah pemakaian barang dan/atau layanan yang dimohonkan registrasinya atau adalah nama varietas tanaman yang diproteksi untuk barang dan/atau layanan yang semacam. Disamping itu, Merek Anda pun jangan berisi info yang tidak sesuai kualitas, faedah, atau manfaat dari barang dan/atau layanan yang dibuat. Misalnya, Merek “Teh No. 1” tidak bisa didaftarkan sebab menyimpang warga berkaitan dengan kualitas teh itu.

Dengan begitu, Anda harus benar-benar waspada dalam membuat dan menyiapkan Merek yang Anda pengin mendaftarkan dengan Jasa Pendaftaran dan Cek Merek !

3. Merek Anda berlawanan dengan keteraturan umum

Apa yang diartikan dengan “berlawanan dengan keteraturan umum”? Yang diartikan dengan “berlawanan dengan keteraturan umum” ialah tidak searah dengan ketentuan yang ada pada warga yang karakternya lengkap seperti menyentuh hati warga atau kelompok, menyentuh kesopanan atau norma umum warga, dan menyentuh ketentraman warga atau kelompok. Dengan begitu, Anda harus pikirkan jika Merek Anda bisa memunculkan pro-kontra masa datang.

4. Merek Anda adalah nama yang memiliki sifat umum

Jika usaha atau usaha Anda terkait dengan layanan restaurant atau rumah makan, karena itu Merek Sebaiknya anda tidak memakai kata umum saja, seperti “rumah makan” atau “restaurant”. Agar didaftarkan, sebaiknya Anda menambakan komponen kata pembanding yang memiliki sifat unik, misalanya “restaurant Pak ABC”.

5. Apa Merek Anda telah tercatat atas nama seseorang?

Hal yang tidak kalah keutamaan ialah pastikan jika Merek Anda tidak pernah dimohonkan registrasinya atau telah didaftarkan oleh faksi lain. Kami benar-benar merekomendasikan Anda untuk lakukan pendaftaran bersama Jasa Pendaftaran dan Cek Merek. Pencarian lebih dulu untuk menghindar persoalan-permasalahan yang lain akan muncul karena hal di atas.

Sudah pernahkah anda dengar Merek Pierre Cardin? Beberapa orang memikir Pierre Cardin dibuat oleh satu perusahaan Perancis. Tahukah anda di tahun 2015 faksi Pierre Cardin Prancis menuntut seorang pebisnis Indonesia sebab jual produk mode bernama merek yang serupa?

Yup, Pierre Cardin menuntut Alexander Satrio Wibowo yang tanpa ijin memakai nama itu untuk upayanya. Tetapi tuntutan itu diurungkan, hingga memenangi merek Pierre Cardin punya Alexander telah lebih dulu tercatat di Direktorat Merek Kementerian Hukum dan HAM di tahun 1977.

Walau merek Pierre Cardin asal Perancis telah go-international, tetapi mereka baru mendaftar merek dagangnya di Indonesia di tahun 2009, hingga tidak ada bukti peniruan merek dagang. Dalam hal itu, Pierre Cardin cuman bisa beli merek yang sudah didaftarkan oleh Alex atau menukar nama merek produknya jika pengin masuk pasar Indonesia. Sudah pasti hal itu bikin rugi principal dari Pierre Cardin asal Prancis yang sudah pasarkan produknya secara global.

Dari hal itu bisa diambil simpulan jika hak merek tidak dikasih ke faksi yang mana terlebih dulu memakai nama merek, tetapi hak itu diberi berdasar konsep first to file. Berarti faksi yang mendaftar lebih dulu ialah yang memiliki hak atas merek itu. Tentu saja anda tidak ingin peristiwa itu menerpa usaha anda?